Dewi Ratih

Dewi Ratih, Guru Bahasa Inggris di MTsN 6 Kota Padang, buku perdana d Media Guru berjudul, ”Sayang, Ku Ikhlaskan Kau Pergi” .Menulis menjadi sebuah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Content Konyol vs Komentar Hinaan, Hari Ke 82 Menuju 365

Content Konyol vs Komentar Hinaan, Hari Ke 82 Menuju 365

#Hari Ke 82 Menuju 365#

Content Konyol vs Komentar Hinaan

Ketika seseorang membuat content youtobe, yang diharapkanya adalah tanda ‘like’ yang banyak dari pengikutnya. Tapi, berbeda dengan Keke, youtober yang sedang naik daun ini mendapatkan banyak tanda jempol terbalik dari para pengikutnya. Hal ini tidak menyurutkan semangatnya untuk membuat content content lain yang semakin aneh dan membuat semua followernya berkomentar yang menyakitkan kepadanya.

Keke memulai aksi content pertamanya dengan pemolesan foundation atau alas bedak dengan menggunakan balon yang disisi air.Aksinya ini diapresiasi oleh banyak netizen dan juga mengundang perhatian Nagita Slavina. Istri raffi Ahmad ini, memberinya hadiah berupa perlengkapan Make Up. Inilah awal Keke mulai di kenal banyak netizen. Namun setelah itu, youtober ini mulai beraksi aneh dan mengundang banyak celaan negatif dari hampir semua pengikutnya

Banyak lagi content content Keke yang mengundang ejekan para netizen. Seperti pacaran settingan Keke dengan pemuda tampan. Hal ini membuat para pengikutnya menjadi geram dan membencinya. Karena penampilan pisik Keke yang sangat kontras dengan si pemuda tampan. Sementara Keke sendiri bertubuh gemuk, pendek dan parasnya yang bisa dibilang kurang menarik. Aksi aksi konyol yang dilakukan gadis berusia 20 tahun pasti mengundang reaksi negatif dan tanda tidak suka dari hampir semua pengikutnya.

Penulis sebenarnya tidak terlalu mengikuti aksi Keke si youtober ini. Sebagian informasi dan cerita tentang si pemilik content ini, penulis dengar dari anak –anak penulis yang sering menonton aksi si Keke ini di youtobe. Penulis menjadi tertarik ketika anak-anak mulai mengatakan hal hal aneh tentang youtober ini.Mereka selalu mengatakan tidak suka dengan tingkah Keke ini tapi tetap saja menonton dan mengikutinya. Sama halnya dengan semua netizen yang mengikuti si Keke. Walaupun mereka membenci dan memberi komentar negatif tentang si gadis, setiap hari pengikutnya semakin banyak. Sehingga akhirnya youtober ini menjadi terkenal dan viral di jagad maya

Secara tak sadar semua netizen yang menjadi pengikut Keke sudah terperangkap dengan aksi konyolnya. Walaupun hampir semua netizen mencela dan memberikan ‘jempol terbalik’ terhadap contentnya, si Keke tetap saja exis seperti tidak peduli dengan komentar komentar pedas dari pengikutnya.Karena yang di jual oleh si Keke ini adalah kekonyolan yang akan mengundang banyak follower. Karena si follower pasti ingin tahu , apalagi aksi konyol yang akan ditampilkan oleh si gadis bertubuh mini tersebut untuk selanjutnya.

Ada dua pelajaran yang bisa kita ambil dari content contet youtobe yang sering muncul akhir akhir ini. Pertama, Jangan mencari perhatian dengan cara negatif atau yang menimbulkan reaksi negatif dari orang lain. Dalam agama kita diajarkan untuk berlaku sopan santun atau berakhlak yang terpuji. Apalagi yang akan ditampilkan itu sesuatu yang akan dilihat orang banyak . Seharusnyalah kita meninggalkan pesan pesan baik yang akan ditiru oleh si pengikut atau penonton nantinya. Sayangnya, hal tersebut sudah diabaikan banyak orang. Demi mendapatkan perhatian dan mengumpulkan pundi uang, seseorang rela menampilkan hal hal konyol yang seharusnya tidak diperlihatkan kepada orang lain. Manusia normal, pasti akan malu melakukannya.

Kedua, Bagi pengikut atau follower sebuah content, berikan lah komentar positif terhadap pemilik content. Jika ada hal hal yang tidak pantas, sampaikan lah dengan bahasa yang santun dan menasehati. Mudah –mudahan dengan kata kata bijak yang diberikan, bisa memperbaiki isi content si youtober kedepan. Janganlah mencaci dan menghina seenaknya. Sebagaimana Allah bersabda dalam Al-Quran surah Al Hujurat:11

Hai orang orang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki mencela kumpulan yang lain. Boleh jadi yang dicela itu lebih baik dari mereka. Dan , janganlah sekumpulan perempuan mencela kumpulan yang lain, boleh jadi yangdicela lebih baik. Dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelar yg mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah panggilan yg buruk sesudah imam dan barang siapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang orang yang zalim (QS. Al Hujurat;11)

Dalam terjemahan ayat di atas jelas sekali dikatakan bahwa laki-lak dan perempuan tidak boleh saling mencela satu sama lain. Karena bisa saja orang yang dicela mungkin lebih mulia dari orang yang mencela nya. Begitu juga jangan memberikan gelar gelar yang buruk terhadap seseorang, karena itu pasti menyakitkan baginya. Apalagi bila ia dipanggil dengan keadaan fisiknya yang tidak sempurna seperti si gendut, si pincang, si juling, dan lain sebagainya.

#

Kalau ingin gulai ikan tuna

Mari kita pergi ke pantaiTiram

Jangan kita saling menghina

Menghina itu hukumnya haram

#

Padang, 2 Juni 2020

Tantangan Menulis Gurusiana

Hari Ke 82 menuju 365

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab ulasannya,lengkap dasarnya

02 Jun
Balas

Terima kasih pak Kemenag, senang sekali bapak mampir disini

02 Jun

Moga tetap berlanjut dan srmangat Bun

02 Jun
Balas

Insya Allah...terima kasih sdh mampir bunda..salam literasi

02 Jun

keren tulisannya. Salam

03 Jun
Balas

Terima kasih buk Rozy..salam kenal

03 Jun

setuju...

03 Jun
Balas



search

New Post